Perguruan tinggi adalah suatu satauan jenjang pendidikan tinggi. Perguruan tinggi diselenggarakan dengan maksud menyiapkan SDM yang mampu mengembangkan dan menciptakan sebuah ilmu pengetahuan serta teknlogi secara kelompok atau mandiri.
Pada perguruan tinggi terdapat dua jenis mata kuliah,yaitu :
1. MKK (Mata Kuliah Keahlian)
- MKK (Mata Kuliah Keahlian) adalah suatu pelajaran yang diambil oleh mahasiswa sesuai dengan jurusannya.
2. MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum)
- MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) bertujuan untuk mendapatkan seorang sarjana yang :
1) Berjiwa Pancasila,
2) Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
3) Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyikapi suatu permasalahan kehidupan baik sosial,politik maupun pertahanan keamanan,
4) Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat.
Tujuan perkuliahan ISD (Ilmu Sosial Dasar) adalah sebagai bagian dari MKDU yang merupakan suatu hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan akan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah social yang demikian menjadi Ilmu Sosial Dasar.
PENGERTIAN ISD
ISD adalah suatu pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dan dapat diterapkan oleh masyarakat dalam bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yang dikembangkan untuk melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
ISD dapat membantu mahasiswa agar mempunyai wawasan yang lebih luas serta mempunyai ciri kepribadian yang dapat menghadapi masyarakat lain dengan sikap dan tingkah laku yang baik dan sebaliknya.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
1) Ilmu – ilmu Alamiah (Natural Science)
Ilmu – ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui semua ketentuan yang terdapat dalam semesta. Dalam hal ini,digunakan sebuah metode ilmiah yaitu dengan menentukan hukum yang berlaku dan setelah itu dapat dibuat sebuah analisis untuk menentukan suatu kualitas. Atas dasar itu lalu dibuatlah sebuah prediksi yaitu 100% benar atau 100% salah.
2) Ilmu – ilmu Sosial (Natural Science)
Ilmu –ilmu social bertujuan untuk mengkaji semua ketentuan dalam hubungan antara manusia. Dalam hal ini digunakan juga sebuah metode ilmiah yang sama dengan Ilmu ilmu Alamiah,tetapi hasil akhirnya tidak 100% benar dan hanya mendekati kebenarannya saja. Hal ini disebabkan karena dalam hubungan antar manusia tidak akan dapat berubah dari waktu ke waktu.
3) Pengetahuan Budaya (The Humanities)
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti dari kenyataan yang bersifat manusiawi. Dalam hal ini digunakan sebuah metode pengungkapan peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik,lalu kemudian diberi arti.
ISD dan IPS
ISD dan IPS memiliki beberapa macam persamaan dan perbedaan,diantaranya adalah :
A. Persamaan ISD dan IPS :
1. Keduanya adalah merupakan ilmu/bahan study untuk kepentingan program pelajaran,
2. Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu,
3. Keduanya mempuyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan dan masalah social.
B. Perbedaan ISD dan IPS :
1. ISD adalah pelajaran yang diberikan di Perguruan Tinggi,sedangkan IPS adalah pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan,
2. ISD merupakan suatu mata kuliah tunggal,sedangkan IPS merupakan suatu kelompok dari sejumlah mata pelajaran,
3. ISD diajarkan untuk membentuk sikap dan kepribadian,sedangkan IPS diajarkan untuk membentuk pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Ruang Lingkup ISD
Pelajaran dalam ilmu social didalamnya terdapat masalah – masalah social. Agar dapat mengetahui masalah tersebut kita harus mengidentifikasi kenyataan – kenyataan social serta memahami konsepnya,maka dari itu pelajaran ISD dapat dikelompokan menjadi 3 bagian,yaitu :
- Kenyataan – kenyataan social yang terjadi pada masyarakat merupakan salah satu masalah social tertentu. Kenyataan social itu sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli,hal ini terjadi karena didalamnya terdapat perbedaan latar belakang disiplin ilmu dan juga sudut pandang.
- Konsep – konsep social tentang kenyataan social dibatasi dengan konsep dasar yang sangat diperlukan untuk dapat mempelajari masalah social yang ditulis dalam Ilmu Pengetahuan Social.
- Masalah social yang muncul dalam masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan tulisan diatas,dapat ditarik kesimpulan bahwa ruang lingkup ISD,mahasiswa diharapkan mampu mempelajari dan memahami bahwa didalam masyarakat akan ada :
- Masalah dalam kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
- Masalah individu,keluarga maupun dalam masyarakat.
- Masalah pemuda dan sosialisasi.
- Masalah hubungan antara warga Negara dengan Negaranya.
- Masalah persamaan derajat.
- Masalah masyarakat perkotaan dengan pedesaan.
- Masalah pertentangan social dan integrasi.
- Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat..
Sumber :
Komentar
Posting Komentar