Langsung ke konten utama

BAB 1 : ISD sebagai salah satu syarat MKDU

      Perguruan tinggi adalah suatu satauan jenjang pendidikan tinggi. Perguruan tinggi diselenggarakan dengan maksud menyiapkan SDM yang mampu mengembangkan dan menciptakan sebuah ilmu pengetahuan serta teknlogi secara kelompok atau mandiri.
Pada perguruan tinggi terdapat dua jenis mata kuliah,yaitu :
1.  MKK (Mata Kuliah Keahlian)
  • MKK (Mata Kuliah Keahlian) adalah suatu pelajaran yang diambil oleh mahasiswa sesuai dengan jurusannya.
2. MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum)
  • MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) bertujuan untuk mendapatkan seorang sarjana yang :
1)      Berjiwa Pancasila,
2)      Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
3)  Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyikapi suatu permasalahan kehidupan baik sosial,politik maupun pertahanan keamanan,
4)      Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat.
      Tujuan  perkuliahan ISD (Ilmu Sosial Dasar) adalah  sebagai  bagian  dari  MKDU  yang  merupakan suatu hubungan  timbal  balik  antara  manusia dan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan akan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah social yang demikian menjadi Ilmu Sosial Dasar.

PENGERTIAN ISD
      ISD adalah suatu pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan  dan dapat diterapkan oleh masyarakat dalam bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yang dikembangkan untuk melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
      ISD dapat membantu mahasiswa agar mempunyai wawasan yang lebih luas serta mempunyai ciri kepribadian yang dapat menghadapi masyarakat lain dengan sikap dan tingkah laku yang baik dan sebaliknya.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
      
1)    Ilmu – ilmu Alamiah (Natural Science)
           Ilmu – ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui semua ketentuan yang terdapat dalam semesta. Dalam hal ini,digunakan sebuah metode ilmiah yaitu dengan menentukan hukum yang berlaku dan setelah itu dapat dibuat sebuah analisis untuk menentukan suatu kualitas. Atas dasar itu lalu dibuatlah sebuah prediksi yaitu 100% benar atau 100% salah.
      2)    Ilmu – ilmu Sosial (Natural Science)
      Ilmu –ilmu social bertujuan untuk mengkaji semua ketentuan dalam hubungan antara manusia. Dalam hal ini digunakan juga sebuah metode ilmiah yang sama dengan Ilmu  ilmu Alamiah,tetapi hasil akhirnya tidak 100% benar dan hanya mendekati kebenarannya saja. Hal ini disebabkan karena dalam hubungan antar manusia tidak akan dapat berubah dari waktu ke waktu.
3)   Pengetahuan Budaya (The Humanities)
     Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti dari kenyataan yang bersifat manusiawi. Dalam hal ini digunakan sebuah metode pengungkapan peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik,lalu kemudian diberi arti.

ISD dan IPS
ISD dan IPS memiliki beberapa macam persamaan dan perbedaan,diantaranya adalah :
     A.    Persamaan ISD dan IPS :
1.      Keduanya adalah merupakan ilmu/bahan study untuk kepentingan program pelajaran,
2.      Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu,
3.      Keduanya mempuyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan dan masalah social.
           B.    Perbedaan ISD dan IPS :
1.      ISD adalah pelajaran yang diberikan di Perguruan Tinggi,sedangkan IPS adalah pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan,
2.      ISD merupakan suatu mata kuliah tunggal,sedangkan IPS merupakan suatu kelompok dari sejumlah mata pelajaran,
3.      ISD diajarkan untuk membentuk sikap dan kepribadian,sedangkan IPS  diajarkan untuk membentuk pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Ruang Lingkup ISD
      Pelajaran dalam ilmu social didalamnya terdapat masalah – masalah social. Agar dapat mengetahui masalah tersebut kita harus mengidentifikasi kenyataan – kenyataan social serta memahami konsepnya,maka dari itu pelajaran ISD dapat dikelompokan menjadi 3 bagian,yaitu :
  • Kenyataan – kenyataan social yang terjadi pada masyarakat merupakan salah satu masalah social tertentu. Kenyataan social itu sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli,hal ini terjadi karena didalamnya terdapat perbedaan latar belakang disiplin ilmu dan juga sudut pandang.
  • Konsep – konsep social tentang kenyataan social dibatasi dengan konsep dasar yang sangat diperlukan untuk dapat mempelajari masalah social yang ditulis dalam Ilmu Pengetahuan Social.
  • Masalah social yang muncul dalam masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.
            Berdasarkan tulisan diatas,dapat ditarik kesimpulan bahwa ruang lingkup ISD,mahasiswa diharapkan mampu mempelajari dan memahami bahwa didalam masyarakat akan ada :
  1. Masalah dalam kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah individu,keluarga maupun dalam masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
  4. Masalah hubungan antara warga Negara dengan Negaranya.
  5. Masalah persamaan derajat.
  6. Masalah masyarakat perkotaan dengan pedesaan.
  7. Masalah pertentangan social dan integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat..

Sumber  :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum dan Pranata Pembangunan

Undang - Undang No. 24 Tahun 1992 Tentang Penataan Ruang BAB 1 Ketentuan Umum Menjelaskan tentang penataan ruang sebagai mana fungsinya, yaitu : Ruang adalah wadah yang meliputi daratan,lautan, dan udara sebagai satu kesatuan wilayah, tempat makhluk lainnya hidup dan melakukan kegiatan serta memelihara kelangsungan hidupya. Tata ruang adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang, baik yang direncanakan maupun tidak direncanakan. Penataan ruang adalah proses perencanaan tata ruang, pemanfaata ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. BAB 2 Asas dan Tujuan Penataan Ruang berasaskan : Pemanfaatan ruang bagi semua kepentingan secara terpadu, berdaya guna dan berhasil guna, serasi, selaras, seimang, dan berkelanjutan. Keterbukaan, persamaan, keadilan, dan perlindungan hukum. Penataan Ruang bertujuan : Terselenggaranya pemanfaatan ruang berwawasan lingkungan yang berlandaskan wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional, Terselenggaranya pengaturan pemanfaa

Landscape in Shenzhen

Apa itu Landscape ? Landscape adalah ilmu yang mempelajari tentang seni, perencanaan, perancangan, manajemen, perawatan, dan perbaikan Tanah dan perancangan konstruksi buatan manusia dalam skala besar. Splendid of China Splendid of Cina adalah sebuah taman budaya yang terletak di Shenzhen. Di tempat ini sering diadakan atraksi - atraksi seperti tarian khas cina, atraksi music, bahkan berbagai festival unik seperti festival air dan festival obor. Festival air yang digelar di tempat ini merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan untuk mempertahankan tradisi Cina. Acara ini merupakan acara siram menyiram air antar warga. Masyarakat setempat mempercayai tradisi siram menyiram air dapat membawa berkah bagi kehidupan mereka di masa depan. Sedangkan festival ini masyarakat memakai pakaian khas, dan membawa obor mengelilingi lading dan rumah. Festival ini bertujuan agar panen musim depan dapat melimpah dan menolak bala. Tempat ini dikelilingi taman - taman kecil yang ind

Tugas 2 : Konservasi Arsitektur

TOKO MERAH lifestyle.okezone.com Latar Belakang Toko Merah terletak di Jl. Kali Besar No. 11, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Pada masa kejayaan VOC letak bangunan tersebut dikatakan sangat strategis karena berada di kawasan jantung kota Batavia yang berdekatan dengan pusat pemerintahan VOC (Stadhuis). Dari segi bisnis, Toko Merah terletak di tepi Kali Besar (de Groote River) yang merupakan " central business district " nya Batavia. Pada saat itu Ciliwung merupakan urat nadi lalu lintas air yang ramai dilayari hingga ke pedalaman. dimana kawasan ini merupakan salah satu wilayah hunian elit di dalam kota Batavia. Sejarah 1730 : Toko merah dibangun pertama kali oleh Gustav Willem Baron van Imhoff sebagai rumah kediamannya pada saat dia menjabat sebagai Sekretaris II di Hooge Regering ( Pemerintahan Tertinggi ) sekaligus merangkap sebagai Water Fiscal ( Kepala Urusan Pabean ). Pada saat didirikan bangunan tersebut merup